INFO CALON MAHASISWA BARU

KIAT MEMILIH PROGRAM STUDI
Untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, seorang calon mahasiswa harus memahami terlebih dahulu beberapa kita memilih perguruan tinggi, sebagai berikut :
  1. Terlebih dahulu harus dapat mengukur kemampuannya,
  2. Menentukan bidang apa yang diminatinya,
  3. Menentukan jenis program pendidikan yang diinginkannya,
  4. Mencari informasi  mengenai perguruan tinggi mana yang menyelanggarakan bidang yang diminatinya tersebut. Termasuk menanyakan pada dirinya, apa yang menjadi cita-citanya?
  5. Keahlian apa yang diperlukan bila seorang mahasiswa memilih karir tertentu?
  6. Apakah calon mahasiswa yang bersangkutan ingin belajar jauh dari orangntuanya?
  7. Berapa dana yang dibutuhkan?
Pendeknya, ada beberapa yang yang dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika akan memilih suatu perguruan tinggi, antara lain :
  1. Bidang studi,
  2. Jurusan,
  3. Biaya,
  4. Reputasi perguruan tinggi yang bersangkutan,
  5. Status akreditasi,
  6. Fasilitas pendidikan yang tersedia, serta kualitas dan kuantitas dosen yang dimilikinya.
Bidang Studi hal pertama yang harus diperhatikan para calon mahasiswa adalah minat yang akan berkaitan dengan bidang studi yang hendak ditekuni oleh calon mahasiswa. Untuk memilih bidang studi ini, jangan segan-segan utnuk mencari informasi termasuk kepada orangtua, teman maupun guru. Lebih baik lagi jika bertanya kepada orang telah terjun langsung ke dunia kerja di baidang yang diminatinya. Intinya adalah pastikan bahwa calon mahasiswa atau orangtua mengerti benar tentang perbedaan antara satu bidang studi dengan bidang studi yang lain, terutama bidang studi yang memiliki kemiripan.
Untuk mendapatkan informasi mengenai bidang studi di perguruan tinggi, calon mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas Internet, melalui website-website dari perguruan tinggi yang dituju. Atau dapat juga melakukan pencarian dengan Google dan bertanya melalui mailing list.
Salah satu hal yang sangat penting lainnya adalah pertimbangan biaya kuliah. Sebaikan terlebih dahulu bicarakan dengan orang yang akan membiayai kuliah, atau telilti keadaan keuangan yang dimiliki bila akan membiayai kuliah sendiri. Sesuaikan jumlah dana yang tersedia dengan biaya kuliah di perguruan tinggi yang akan menjadi pilihannya. Buatlah rencana pembiayaan untuk melihat jumlah dana yang tersedia selama masa studi. Jangan mengandalkan pekerjaan sampingan. Pastikan bahwa dana yang dimiliki cukup untuk membiayai kuliah sampai selesai. Risiko apabila dana tidak mencukup adalah kerugian yang cukup besar, yaitu dana yang telah dikeluarkan sudah banyak, waktu terbuang percuma dan kuliah tidak selesai.
Demikian ulasan singkat, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya calon mahasiswa baru…
MENGAPA MEMILIH STMIK HANDAYANI…?

 

STMIK Handayani merupakan alternatif pilihan terbaik untuk melanjutkan studi pada ke jenjang pendidikan tinggi khususnya bidang Information Communication Teknology (ICT). Mengapa demikian….? Karena STMIK Handayani merupakan salah satu pergurun tinggi swasta yang memberikan jasa layanan pendidikan berbasis ICT yang terdepan baik dari segi Sarana dan prasaran (Fasilitas pendidikan yang lengkap), tenaga pengajar (sumber daya manusia yang kualitas), system pendidikan dan pengajaran yang berbasis kompetensi, serta mutu keluaran dan kemampuan alumni yang tidak diragukan karena sudah terserap ke dunia kerja.
Diharapkan Calon mahasiswa mempertimbangkan STMIK Handayani sebagai pilihan pertama dan utama untuk melanjutkan pendidikan.
Informasi lebih lanjut tentang STMIK Handayani dapat menghubungi Panitia penerimaan mahasiswa baru melalui :
Telepon : (0411) 456861
Fax : (0411)456574
INFORMASI LENGKAP :
Jl. Urip Sumoharjo Km.4 Samping Gedung Keuangan Negara, Makassar 90232
e-mail : panitia.maba.handycom@gmail.com
BLOG :
Http://stmikhandayanigo.wordpress.com
WEBSITE :

‘Lulusan TI Banyak yang Mengecewakan’

Sumber: http://www.detikinet.com/

Bandung – Banyak calon pelamar kerja di bidang teknologi informasi (TI) yang punya nilai akademis bagus. Namun anehnya, para pelamar ini banyak juga yang dianggap belum mampu menjawab kebutuhan perusahaan.

Fakta ini terungkap dalam ajang kesempatan pencarian kerja yang di gelar JobsDB Career Expo 2010 di Sasana Budaya Ganesha, Tamansari, Bandung.

“Banyak pelamar tidak seperti yang kita harapkan. Kita sering kecewa,” ungkap Ahmad Bagus Santoso, Human Resource Departement PT Indocyber Global Teknologi kepada detikINET di sela acara itu, Sabtu (16/1/2010).

Dijelaskan oleh Bagus, demikian ia akrab disapa, kekecewaan perusahaan disebabkan banyaknya pencari kerja yang hanya bagus secara akademis. Namun saat diuji pengetahuan dasarnya, justru banyak yang tidak bisa.

“IPK (indeks prestasi)-nya tinggi, bagus secara kualifikasi. Tapi saat ditanya hal yang dasar, yang menurut kami mereka mengusainya, mereka tidak bisa. Dan banyak yang seperti ini,” demikian katanya.

Dari hasil analisanya, faktor ini disebabkan mutu lulusan perguruan tinggi yang cenderung instan. Kurikulum yang ada di kampus sering kali tidak mengikuti kebutuhan industri, khususnya untuk bidang TI.

“Mungkin karena mereka sekarang cenderung instan, jadi saat ditanya hal yang sangat dasar mereka tidak bisa menjawabnya,” lanjut Bagus.

Dalam pameran tenaga kerja kali ini, ada sekitar 70 perusahaan yang ikut serta. Pada hari pertama, ajang ini dihadiri oleh 5.000 pencari kerja. Ajang ini sendiri berlangsung di Bandung hingga Minggu (17/1/2010).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: