INFORMASI

TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Pemanfaatan Teknologi Informasi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi? Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Pertanyaan ini sering diutarakan dan untuk menjawabnya diperlukan pemahaman mengenai teknologi informasi itu sendiri.

Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Teknologi komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan perangkat komputer seperti printer, pembaca sidik jari, CD-ROM, Prosesor, disk, dan lain-lain. Komputer merupakan mesin serbaguna yang dapat digunakan untuk keperluan pengolahan data apa saja menjadi informasi yang berguna. Hal ini dimungkinkan karena komputer dapat dikendalikan oleh program yang terdiri atas sederetan instruksi. Komputer akan bertindak sesuai instruksi yang diterimanya dari program. Dengan kata lain komputer akan bertindak sesuai keinginan pembuat program.

Teknologi komunikasi atau telekomunikasi merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. Termasuk teknologi telekomunikasi yang kita gunakan sehari-hari adalah telepon, televisi, radio, handy-talky, handphone. Dikatakan sebelumnya bahwa teknologi informasi merupakan konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi, saat ini teknologi telekomunikasi yang disebutkan di atas telah dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer. Sehingga beberapa komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Inilah makna dari kata “konvergensi” di atas yang kemudian lazim disebut sebagai Teknologi Informasi.

Sejarah

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Beda Laptop Dan Notebook

laptop atau notebook

Banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan antara laptop dan notebook. Pada awalnya komputer pribadi hanya ada 2 jenis, yaitu desktop dan laptop. Desktop berasal dari kata Desk (meja) dan Top (atas) yang berarti komputer yang diletakkan diatas meja. Sedangkan laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya atas, yang berarti komputer yang diletakkan diatas pangkuan.

Nah, pada perkembangannya lebih banyak orang yang bekerja dengan laptop yang ditaruh diatas meja daripada meletakannya di pangkuan. Karena memangku laptop terlalu lama bisa menjadi berbahaya, karena suhu atau hawa yang ditimbulkan komputer ini sangat panas hal ini diakibatkan oleh terbatasnya sirkulasi udara pada laptop.

Lalu muncul model laptop yang menjadi lebih kecil dan lebih ringan, dimana besar komputernya sama besar dengan buku tulis yang biasa dijinjing, yang kemudian disebut dengan notebook. Jadi sebenarnya laptop atau notebook itu sama-sama komputer mini. Yang membedakan cuma penyebutan istilah yang muncul akibat pergeseran makna dimana berpengaruh pada penempatan posisi pemakaian komputer itu sendiri.

Tips Mata Sehat Didepan Komputer

Komputer saat ini sudah seperti beras yang jadi bahan pokok masyarakat. Hampir disetiap rumah kita jumpai adanya komputer. Bahkan Sekolah Dasar pun sudah mewajibkan adanya pelajaran tentang komputer. Selain untuk belajar, komputer juga bisa digunakan untuk bermain game. Namun terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan mata cepat lelah. Pakar kesehatan mata Dr Jennifer Ashton menjelaskan beberapa Tips agar mata tidak cepat lelah di depan komputer :

1. Lokasi layar komputer

Letakkan layar komputer 15-20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci) diukur dari pusat layar dan sekitar 20-28 inci dari mata.

2. Berkedip lebih sering

Ketika melihat layar komputer atau perangkat digital, mata seringkali berkedip dua-tiga kali lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan ‘mata kering’. Berkedip lebih sering membuat air mata membasahi seluruh indera penglihatan. Secara alami airmata merupakan obat mata.

3. Aturan 20/20/20

Apabila pekerjaan Anda menghabiskan waktu lama di depan sebuah perangkat digital gunakan teknik 20/20/20. Setiap 20 menit, luangkan waktu sekitar 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 meter dari tempat duduk. Aktivitas tersebut memungkinkan mata untuk beristirahat.

4. Pastikan cukup pencahayaan

Untuk membantu meringankan beban mata, jaga agar cahaya mengarah langsung ke benda atau sesuatu yang Anda baca, bukan mata. Atur posisi layar komputer dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala.

Pendapatan Programmer Wanita Lebih Tinggi Dari Pria

woman and laptopKita mungkin berpikir bahwa teknologi merupakan “area” pria. Namun, kenyataannya perusahaan justru lebih berminat pada wanita yang menekuni dunia teknologi.

Dikutip oleh stasiun televisi AS CNBC dari Silicon Alley Insider bahwa di Amerika Serikat 91% pria yang lulus dari ilmu komputer mendapat job dalam waktu 6 (enam) bulan dengan gaji awal US$ 60.000. Sementara untuk lulusan wanita, 95% memperoleh pekerjaan dalam waktu yang sama dengan gaji awal yang lebih tinggi, yakni US$ 62.000.

Pakar pendidikan yakni Aaron Reed dan Edward Levine dari Neumont University (salah satu universitas di Salt Lake City) mengemukakan bahwa mahasiswi lulusan ilmu komputer memang sangat diminati dan dihargai oleh industri teknologi. Sehingga presentase mereka mendapatkan pekerjaan dan gaji lebih besar daripada lulusan pria. Levine berpendapat bahwa lulusan wanita memang jarang dijumpai di industri ini, padahal banyak perusahaan teknologi yang menginginkan keberagaman gender tenaga kerjanya. Bila dibuat rasio, maka perbandingan antara lulusan pria dan wanita di jurusan ilmu komputer adalah sekitar 1:20

Hal lain yang menurut Levine membuat programmer wanita lebih diminati oleh perusahaan industri karena kemampuan komunikasi wanita yang jauh lebih baik daripada programmer pria.

Aman Sekaligus Nyaman, Tips Agar Notebook Tetap Fit

nokia-laptop2Bagi Anda pengguna notebook pasti selalu ingin menjaga dan merawat notebook Anda. Tips berikut ini membantu Anda mencapainya.

  1. Merawat Layar LCD Notebook : Berhati-hatilah dengan layar LCD sebab layar adalah komponen paling penting dan sekaligus paling mahal dari semua komponen notebook. Untuk melindungi notebook dari kerusakan, gunakan selalu film proteksi (screen protector) yang anti gores.
  2. Merawat Keyboard : Jika Anda sering menggunakan notebook sambil minum, maka bila keyboard ketumpahan air bisa mengakibatkan hubungan arus pendek pada salah satu komponen notebook. Untuk menghindari hal ini, pasang pelindung keyboard anti air (keyboard protector). Selapis plastik tipis yang mengandung anti bakteri ini terbuat dari bahan Poly Urethane (PU) bersifat elastis dipasang di atas keyboard notebook dengan cara disarungkan akan mengubah keyboard notebook dari sifat rentan terhadap air menjadi anti air.
  3. Anti pegal nan Ergonomis : Letakkan notebook organizer tempat meletakkan notebook di atasnya sedemikian rupa sehingga posisi notebook tidak lagi tegak lurus terhadap alas meja, melainkan miring kira-kira 10 derajat. Dilengkapi dengan dua buah tatakan tangan yang bisa distel kelebarannya disesuaikan dengan besarnya notebook, membuat lengan Anda tidak menggantung ketika mengetik. Dengan adanya ruang celah di bawah notebook, terjadi sirkulasi udara yang membantu mendinginkan suhu.
  4. Anti pusing : Membolak-balik notebook pada saat presentasi tatap muka tentunya akan merepotkan. Notebook radiataion stand, sebuah aksesoris unik diciptakan untuk membantu Anda memecahkan masalah ini. Kemiringan notebook yang diletakkan di atasnya juga bisa diatur sesuai selera. Alat ini juga bisa berguna untuk menyangga buku atau naskah yang harus diketik.

Beda Komputer Tablet dan Notebook

IPad Apple diperiksa setelah diluncurkan di Moscone Center, San Francisco, Rabu, 27 Januari 2010. AP Photo/Marcio Jose Sanchez

TEMPO Interaktif, Jakarta – Seseorang, sebut saja Abdul, menanyakan apa beda laptop dengan komputer tablet. Baginya, laptop terlalu berat dan besar. “Karena itu, saya ingin menggantinya dengan tablet PC,” katanya dalam sebuah forum diskusi di Internet.

Pertanyaan Abdul itu sepertinya wajar. Kendati komputer tablet bukan teknologi baru karena telah diperkenalkan beberapa tahun lalu, hingga kini masih banyak orang yang belum tahu “barang” apakah komputer tablet itu. Tak seperti laptop yang sudah lebih dikenal luas. Untuk membedakannya dengan laptop atau komputer jinjing, mari kita definisikan dulu apa itu komputer tablet.

Komputer tablet sejatinya merupakan komputer portabel seperti halnya laptop. Sesuai dengan namanya, bentuknya seperti tablet yang dipenuhi layar. Komputer tablet memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital untuk mengoperasikannya. Karena itu, pada umumnya komputer tablet tak dilengkapi keyboard maupun tetikus.

Untuk mengetik tulisan atau memasukkan teks, sejumlah komputer tablet dilengkapi keyboard virtual yang bisa ditampilkan di layar. Beberapa produk ada yang dilengkapi program untuk mengenali tulisan tangan. Komputer tablet yang tak memiliki keyboard ini sering disebut komputer tablet murni. Contohnya iPad, komputer tablet yang diluncurkan boss Apple, Steve Jobs, pada akhir Januari lalu.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan komputer tablet dibanding laptop? Sejumlah pendapat yang dihimpun dari Internet menyebut fitur-fitur dan aplikasi yang bisa dimuat komputer tablet lebih terbatas, meski dari segi bentuk perangkat ini lebih simpel ketimbang laptop atau notebook.

Untuk menangkal klaim Steve Jobs bahwa iPad lebih andal ketimbang netbook atau notebook mini, situs CNET pernah menulis bahwa netbook masih lebih andal daripada komputer tablet itu. Seperti dalam hal video chat, pemrograman, update foto dari kamera, kapasitas penyimpanan yang lebih besar serta kemampuannya menginstal dari beragam media. Netbook juga dapat di-upgrade.

Selain itu, pendapat di Internet menyebut harga komputer tablet masih lebih mahal ketimbang netbook. Mungkin karena masih dianggap lebih mahal dan fitur yang terbatas itulah komputer tablet kurang begitu populer di kalangan pengguna komputer dibanding notebook.

Untuk menyiasati hal itu, sejak beberapa tahun lalu sejumlah vendor komputer mulai memproduksi notebook konvertibel. Ini adalah notebook yang bisa berubah bentuk menjadi komputer tablet dengan memutar balik layarnya. Pada umumnya, layar notebook konvertibel bisa diputar hingga 180 derajat dan dilipat, untuk mengubahnya dari bentuk notebook menjadi komputer tablet berlayar sentuh.

Produk tersebut kini banyak beredar di pasar. Seiring dengan maraknya notebook konvertibel, komputer tablet kini mulai populer. Harganya pun kian terjangkau.

Pilih Notebook atau Netbook?

ist2_9896640-young-woman-using-laptop-in-parkBingung menentukan pilihan antara beli notebook/laptop atau netbook?

Bila Anda mengutamakan performance atau kinerja, maka pilihan jatuh pada notebook. Kenapa?

  • Note book dilengkapi dengan heavy duty processor, baterai bisa tahan berjam2, bisa nambah memory dan kapasitas hard drive lebih besar sehingga notebook bisa digunakan buat maen game dan nonton film
  • Kebanyakan notebook mempunyai layar dengan resolusi tinggi dan graphic card yang lebih baik
  • Layar lebih besar dan keyboard yang meudahkan untuk penggunaan jangka panjang
  • Cocok untuk orang-orang yang membutuhkan portable computer, seperti orang yang kebanyakan bekerja dari rumah, yang suka maen game atau yang senang nonton film

Bila Anda mengutamakan kemudahannya dibawa2 dalam bepergian, maka pilihan jatuh pada netbook. Kenapa?

  • Ukuran dan berat netbook biasanya setengahnya netbook. Jadi memudahkan para pemakai untuk membawanya selama bepergian jauh.
  • Harganya pun jauh lebih murah dibanding notebook
  • Lebih nyaman buat Anda yang sering bepergian karena biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi dan built-in modem.
  • Flexibility. Netbook juga sudah dilengkapi dengan webcam, multiple USB Port
  • Cocok buat para traveler, pelajar dan orang2 yang membutuhkan koneksi internet selama di perjalanan.

CARA INSTALL WINDOWS XP PADA NOTEBOOK DENGAN HDD SATA (DENGAN ATAU TANPA FLOPPY DISK)

Dikarenakan Type Harddisk Notebook saat ini sudah mempergunakan SATA dan masih banyaknya user yang memilih Operating System Windows XP, sedangkan Windows XP sendiri belum bisa mengenali Harddisk SATA tersebut secara langsung maka seringkali user/customer mengatakan Harddisk tersebut rusak atau tidak dikenali pada saat instlasi Windows.
Tapi sebenarnya Harddisk tersebut tidak rusak hanya kita perlu menginstall driver Harddisk SATA pada saat awal instalasi Windows XP tersebut atau kita bisa men-disable feature SATA pada laptop tersebut apabila BIOSnya mendukung.

Berikut cara instalasi laptop dengan Harddisk Type SATA dengan 2 cara yaitu :
I.  Men “DISABLE” SATA NATIVE SUPPORT
Hal ini dilakukan apabila “BIOS” pada Notebook/Laptop tersebut mendukung untuk melakukan DISABLE SATA NATIVE SUPPORT, yaitu dgn cara sebagai berikut:
1. Masuk Menu BIOS (Tekan F10 – segera setelah tampilan COMPAQ muncul, untuk Notebook Compaq)
2. pilih Menu System Configuration
3. pilih SATA NATIVE SUPPORT
4. Rubah menjadi DISABLE
5. Save perubahan dan keluar dari Menu BIOS
6. Setelah Restart lakukan instalasi Windows XP

II. Instalasi menggunakan “External DiskDrive/Floppy Drive”

Apabila BIOS pada NoteBook/Laptop tersebut tidak ditemukan menu untuk mendisable SATA NATIVE SUPPORT (seperti pada langkah I diatas) maka Instlasi Windows XP harus dilakukan dengan mempergunakan External Floppy DiskDrive.
Pada cara ini anda mutlak memerlukan satu buah komputer yang dilengkapi dengan Floppy Disk Drive dan sebuah Disket Kosong yang berfungsi untuk meng-ekstract file driver SATA. Floppy drive ini bisa juga berupa sebuah External USB Floppy Disk Drive.
Caranya copykan / extract file driver SATA ke floppy disk / disket.
Kemudian lakukan instalasi seperti biasa, ketika muncul pesan “Press F6 to Install a Third Party Driver”, tekan F6 dan ketika diminta drivernya, arahkan ke External USB Floppy drive. Pilih driver yang sesuai. Kemudian lanjutkan instalasi Windows XP seperti biasa.

Khusus Notebook Compaq Presario, bisa lakukan langkah-langkah sbb:
1.  Buka CD Driver (copy) yang disertakan pada Komputer (Notebook / PC) yang telah ada Operating Systemnya dan memiliki DiskDrive
2.  Explore CD Driver (di komputer yg ada DiskDrivenya)
3.  Masuk/Pilih Direktori \Umum\HDD SATA
4.  Pilih Direktori HDD965/HDD 945 sesuai dgn spesifikasi Notebook
mis: – Notebook Pressario 3430/3422 — Chipset i945 pilih Direktori 945
– Notebook Pressario 3535/3504 — Chipset i965 pilih Direktori 965
5.  Jalankan file yg ada di dalam Direktori tersebut (akan minta disket)
6.  Masukkkan Disket Kosong yang diinginkan tunggu sampai selesai.
7.  Ambil Disket yang telah jadi tersebut untuk persiapan Instalasi Notebook
8.  Persiapkan Notebook yang akan diinstal, Pasang External DiskDrive
9.  Booting Notebook dg windows XP
10. Tunggu beberapa saat hingga layar biru muncul dan tekan F6 segera mungkin
11. Tunggu beberapa saat hingga muncul perintah untuk masukkan/load Driver yg diinginkan
-> tekan S -> Muncul pesan untuk masukkan Disket Driver yang akan di LOAD
-> Masukkan Disket Driver (poin 7) Tekan Enter
-> Tunggu beberapa saat hingga muncul beberapa Pilihan Driver yang akan diinstall
-> pilih Driver yg sesuai dgn tipe Notebook (contoh : SATA ICH8 AHCI mobile
u/Chipset Intel 965)
-> tekan enter
12. Lanjutkan proses instalasi seperti Biasa dan jangan Ambil Disket hingga RESTART

Notebook merk lain, bisa gunakan langkah-langkah sebagai panduan, tinggal disesuaikan dibagian instalasi driver SATA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: