PEDOMAN PENULISAN JURNAL IT

PEDOMAN PENULISAN JURNAL IT

JURNAL IT memuat laporan hasil penelitian serta ulasan berbagai macam kajian ilmiah seputar inovasi, rekayasa, riset dan wacana di bidang Teknologi Informasi yang belum pernah diterbitkan maupun sedang diper­timbang­kan penerbitan-nya di penerbitan lain. Penulis diminta mengirimkan 2 eksemplar naskah kepada Dewan Redaksi dilengkapi dengan CD berisi soft file naskah tersebut dan surat pernyataan tertulis bahwa naskah tersebut belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dalam program Microsoft dan dikirimkan kepada:
Dewan Redaksi JURNAL IT
Kantor LPPM-LPM STMIK HANDAYANI
Jl. Urip Sumoharjo Km.4 Samping Gedung Keuangan Negara, Makassar 90232
Phone (0411) 456861 Fax (0411)456574
e-mail : lppmhandycom@gmail.com Blog : Http://lppm-lpmstmikhdy.blogspot.com
Adapun Ketentuan Sebagai Berikut:
1. Topik yang akan dipublikasikan:
Berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru
2. Naskah diketik dengan spasi 1,5 pada kertas A4 (21 x 29.7 cm) dan pias 2 sentimeter dengan huruf bertipe Times New Roman font 11. Naskah dapat ditulis menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris. Panjang artikel tidak lebih dari 7000 kata atau + 25 halaman A4.
3. Jumlah halaman berkisar antara 7 sampai 15 halaman, dan jumlah gambar tidak boleh melebihi 30% dari seluruh tulisan
4. Naskah yang diterbitkan berupa hasil penelitian dan naskah konseptual. Naskah konseptual memuat komponen: judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Naskah hasil penelitian memuat komponen: judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.    ucapan terimakasih dapat disampaikan sebelum daftara pusataka, jika diperlukan.
FORMAT
Naskah Hasil Penelitian
1.    Judul
2.    Nama Lengkap Penulis
3.    Abstrak
4.    Key Words
5.    Pendahuluan
6.    Metode
7.    Hasil dan Pembahasan
8.    Kesimpulan
9.    Daftar Pustaka
Naskah Konseptual (Non penelitian)
1.    Judul
2.    Nama Lengkap Penulis
3.    Abstrak
4.    Key Words
5.    Pendahuluan
6.    Pembahasan
7.    Kesimpulan
8.    Daftar Pustaka
a. Judul
Judul  naskah tidak lebih dari 12 kata dalam tulisan berbahasa Indonesia dan 10 kata bahasa Inggris.  Judul makalah harus mencerminkan dengan tepat masalah yang dibahas di makalah, dengan menggunakan kata-kata yang tepat, jelas dan mengandung unsur-unsur yang akan dibahas. Ukuran huruf untuk judul adalah Time New Roman ukuran 12 point bold (huruf kapital).
b. Nama lengkap penulis
Nama penulis (tidak disertai gelar kesarjanaan) ditulis di bawah judul, diberi nomor di belakang nama penulis untuk pencantuman asal alamat institusi di bagian footnote/ catatan kaki. Penulis dianjurkan untuk mencantumkan alamat lengkap, tlp, fax,  dan e-mail untuk memudahkan komunikasi.
c. Abstrak
Abstrak dicantumkan di bawah nama penulis berupa ringkasan dari isi makalah yang dituangkan secara padat; bukan komentar atau pengantar penulis. Abstrak Ditulis dalam bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Indonesia dan dalam bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Inggris. Panjang abstrak tidak lebih dari 200 kata yang disusun dalam satu paragraf dalam ukuran huruf 10 point Times New Roman.
d. Key Words
Abstrak disertai dengan 3 – 6 kata kunci, yakni istilah yang mewakili ide-ide atau konsep-konsep dasar yang dibahas dalam makalah. Cara pengurutannya dari yang spesifik ke yang umum dan ditulis dalam satu baris.
e. Pendahuluan
Pendahuluan tidak diberi judul. Bagian ini berisi latar belakang permasalahan penelitian, rencana pemecahan masalah, tujuan dan ruang lingkup penelitian, serta rangkuman landasan teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
f. Metode Penelitian
Berisi tentang bahan, peralatan metode yang digunakan dalam penelitian yang ditulis secara terperinci
g. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Dalam naskah penelitian, hasil berupa data penelitian yang telah diolah sesuai dengan tujuan penelitian. Penjelasan hasil dapat dituangkan dalam bentuk tabel, grafik, foto, atau gambar. Pembahasan berisi hasil analisis dan hasil penelitian yang dikaitkan dengan struktur pengetahuan yang telah mapan (tinjauan pustaka yang diacu oleh penulis), dan memunculkan ‘teori-teori’ baru atau modifikasi terhadap teori-teori yang telah ada. Pembahasan harus menunjukkan hubungan diantara data hasil dengan data penelitian sebelumnya.
Begitu pula dengan naskah konseptual, pembahasan berisi tentang kupasan, analisis, argumentasi dan pendirian penulis mengenai masalah yang dibicarakan yang selanjutnya disusun dalam sub-sub pokok bahasan
h. Kesimpulan dan Saran
Berisi ringkasan dan penegasan penulis mengenai hasil penelitian dan bahan masalah yang dibahas sebelumnya, serta implikasi dari temuan penelitian. Saran dapat berisi tindakan praktis, pengembangan teori baru dan penelitian lanjutan.
i. Daftar Pustaka
Diutamakan apabila sumber pustaka atau rujukan berasal lebih dari satu sumber seperti buku, jurnal, makalah, internet dan lain-lain.
Penulisan dalam Daftar Pustaka dilakukan sebagai berikut:
Jurnal
E.P DE Mello and Concordia. 1969. Concepts of syn­chro­nous machine stability by excitation control, IEEE, Vol.Pass- 88, No.4, pp. 316-329.
Buku
Walpole, R.E., Myers, R.H., Myers, S.L., dan Ye, K., 2002. Probablity and Statistics for Engineers & Scientists 7’ed.,Prentice Hall. hlm  209-260
Abstrak
Notopuro, H., Hatmoko, D., Penyusutan saat asal sintering pada waktu t<20 menit pada badan ubin keramik. Abstrak “Sintering Mechanisms of Floor Tile: Microstructural Evolution and Shrinkage”, Majalah IPTEK, Vol. 27, No. 1, Februari 2006, hlm 27.
Prosiding
Robandi, I, Nishimori K, Nishimura R, Ishihara R., 1999 Application of genetic algo­rithms to improve a weighting matrix of optimal con­trol solution in power system, Proceeding of 34th Uni­versities Power engineering Conference (UPEC), September 154-16, 1999, Leicester, UK.
Skripsi/Thesis/Disertasi
Kurniawan, D. 2004. Perencanaan dan Evaluasi Daktilitas Gedung Baja Special Truss Moment Frames dengan Sistem Segmen Vierendeel.  [Tugas Akhir]. Surabaya. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Informasi dari Internet
Hansen L. 1999. Non-target effects of Bt corn pollen on the Monarch butterfly (Lepidoptera: Danaidae), (http://www.ent.iastate.edu/entosc/ncb99/prog/abs/D81.html, diakses 21 Agustus 1999).
5. Tabel/gambar harus diberi identitas yang berupa nomor urut dan judul tabel/gambar yang sesuai dengan isi tabel/gambar, serta dilengkapi dengan sumber kutipan.
6. Daftar pustaka disusun menurut alphabet penulis. Urutan dimulai dengan penulisan nama penulis, tahun, judul, penerbit, dan kota terbit. Penulisan nama penulis adalah nama keluarga diikuti nama kecil. Untuk kutipan dari internet berisi nama penulis, judul artikel, alamat website, dan tanggal akses.
7. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Penulis yang naskahnya dimuat akan diberi imbalan berupa nomor bukti pemuatan sebanyak 1 (satu) eksemplar.
8. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Dewan redaksi berwenang menerima, menolak atau menyarankan pada penulis untuk memperbaiki naskah. Revisi naskah yang disarankan untuk diper­baiki dikirimkan ke penulis disertai saran dari penilai/dewan redaksi, walaupun demikian pe­­nulis dapat memberikan bantahan atas ko­mentar/saran tersebut.
9. Persyaratan Kontribusi Penulis
Sebagai prasyarat bagi pemrosesan artikel, para penyumbang artikel wajib menjadi pelanggan Jurnal IT minimal selama 1 tahun. Penulis yang artikelnya dimuat wajib memberi kontribusi biaya cetak minimal sebesar Rp. 300.000,-.
Cara berlangganan:
Biaya:
Langganan 4 nomor setahun Rp. 150.000,- (luar Sulawesi) dan Rp. 100.000,- (Sulawesi)
Cara:
Uang langganan dapat dikirimkan langsung ke Kantor Redaksi LPPM STMIK Handayani Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 (Samping Gedung Keuangan Negara) Panaikang Makassar  atau melalui Bank BNI Makassar rekening Bpk Yusrin, Nomor: 0155390491
Makassar 8 November 2010
LPPM STMIK Handayani
Ketua,
Yusrin A.Tosepu,S.Kom.,M.I.Kom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: